Langsung ke konten utama

Familiarize student pilot with used the checklist for flight training

Tahap awal siswa penerbang untuk memahami bagaimana melakukan kebiasaan terbang yang sesuai dengan prosedur dimana siswa harus mengetahui operating characteristics, cockpit control, instruments, system airplane dan local practice area and airport. Siswa tidak perlu bingung untuk memahami apa yang akan diberikan semua itu oleh Flight Instructor, yang harus dilakukan siswa penerbang cukup melakukan Pre-flight procedure dimana sudah ada Checklist (read & do) untuk siswa saat memulai latihan terbang, adapun kesalahan dalam membaca Checklist sudah hal yang biasa dilakukan oleh siswa itu dan itu disebut "common error" dalam Aviation Of Handbook. Siswa cukup memberikan pertanyaan kepada Flight Instructor, isi dari Checklist yang belum dipahami karena dibutuhkan suatu hubungan "Discuss and Action" antara siswa dan Flight Instructor.

"Checklist secara umum adalah aturan dari operator baik maskapai maupun sekolah penerbangan yang ditetapkan sebagai bagian dari integral prosedur operasi (SOP) operator tersebut, dimana bisa menjelaskan secara specific phases of operation seperti  (pre-flight, engine start, while taxi, take-off, climb, cruise, descend, landing, and post-flight) sehingga semua flight crew menjalankan kinerja masing-masing dengan aman. Model Checklist yang dibuat oleh operator harus menyediakan kerangka kerja atau rancangan untuk menjalankan atau memeriksa sistem operasi penerbangan dan sistem pemeliharaan pesawat (maintenance) agar menjaga kualitas sistem itu".(doc 8186-OPS/611 Vol I)

Disaat latihan terbang siswa akan diperlihatkan oleh Flight Instructor bagaimana menggunakan Flight control Airplane sesuai prosedur dan siswa akan merasakan dan melakukan prosedur itu. Istilah "Completion Standart" bagi siswa tidak perlu dipikirkan apakah siswa itu diharuskan melakukan latihan terbang sesuai dengan prosedur karena setiap siswa membutuhkan kepercayaan diri untuk menyelesaikan latihan terbang sesuai prosedur dan arahan Flight Instructor. Siswa cukup memberikan hasil latihan terbang yang baik dengan kondisi fisik yang prima untuk melakukan kebiasaan terbang mulai dari pre-flight prosedur sampai post-flight prosedur.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal istilah Aircraft Factors dalam penerbangan

Kita beralih kepada suatu performa pesawat (aircraft performance) tentu mempengaruhi semua faktor yang berkaitan dengan daya kinerja pesawat yang meliputi berat pesawat (weight & balance), kondisi atmosfer, lingkungan landasan (runway environment), dan hukum fisika dasar (fundamental physical laws). semua ini yang mengatur gaya pada pesawat sehingga pesawat menunjukkan data pengoperasian pesawat itu sendiri pada Aircraft Flight Manual/Pilot's Operating Handbook, contoh pesawat pada saat di ground atau sedang berjalan (taxi) di apron berbeda informasi yang diberikan saat pesawat di udara. Pada pembahasan ini saya mencoba membahas ada 2 faktor yang sangat dominan mempengaruhi daya kinerja pesawat yaitu tekanan (pressure) dan suhu (temperature). 1. Tekanan pada atmosfer (Atmospheric pressure) Kondisi atmosfer atau udara, merupakan bagian dari bumi yang mengelilingi bumi itu dan terletak di permukaannya sehingga berbeda dari tanah dan air karena mempunyai campuran gas, memiliki mas...

Go Around for safety flight

Captain : The tower, we're request visibility due to runway not insight.  Tower : Yes captain, the visibility 3 km below but check your position now?? Captain : The tower, we're position stabilized approach 5 nm to station on runway 30 and standby go around.  Tower : Roger captain, report on final runway 30. Captain : The tower we go around right now and request join to fix holding overhead station 2500'. Tower : Good decision captain, report overhead station 2500'. Captain : wilco. Percakapan antara pilot dan ATC sudah hal yang biasa dilakukan oleh para pelaku penerbangan karena mengikuti aturan yang berlaku. Komunikasi yang singkat, jelas dan padat untuk menjaga keselamatan semua orang dan bagi pilot, Decision Making membuat para pelaku penerbangan menjaga Standard Quality di sisi operasi penerbangan, ATC dan maintenance. Prosedur go around sudah diperkenalkan sejak di sekolah penerbangan dan terlampir di dalam buku panduan manufaktur pesawat atau lebih dikenal POH (P...