Penilaian latihan terbang oleh instruktur terbang kepada siswa penerbang sangat diperlukan, bagi instruktur terbang untuk memberikan pelatihan harus mempunyai konseptual yang matang dalam setiap tahapan latihan yg diberikan kepada siswa. Istilah Flight Training Record bersumber pada "Aviation Instructor Handbook" dimana mempunyai objectives dan completion standard sehingga FTR ini bisa mendapatkan hasil baik satisfactory maupun unsatisfactory. Objectives, dimana instruktur terbang bisa memperkenalkan atau memberikan latihan terbang terlebih dahulu sebelum siswa melakukan latihan dan sesuai stage FTR. Completion standard, siswa selesai melakukan latihan terbang dan berhasil sesuai yang ada didalam isi content FTR tersebut sehingga diberikan penilaian yang bagus dan apabila belum berhasil akan ada penilaian yang buruk atau "Recheck" dan siswa bisa melakukan latihan kembali untuk mendapatkan hasil yang bagus.
Tahap awal siswa penerbang untuk memahami bagaimana melakukan kebiasaan terbang yang sesuai dengan prosedur dimana siswa harus mengetahui operating characteristics, cockpit control, instruments, system airplane dan local practice area and airport. Siswa tidak perlu bingung untuk memahami apa yang akan diberikan semua itu oleh Flight Instructor, yang harus dilakukan siswa penerbang cukup melakukan Pre-flight procedure dimana sudah ada Checklist (read & do) untuk siswa saat memulai latihan terbang, adapun kesalahan dalam membaca Checklist sudah hal yang biasa dilakukan oleh siswa itu dan itu disebut "common error" dalam Aviation Of Handbook. Siswa cukup memberikan pertanyaan kepada Flight Instructor, isi dari Checklist yang belum dipahami karena dibutuhkan suatu hubungan "Discuss and Action" antara siswa dan Flight Instructor. "Checklist secara umum adalah aturan dari operator baik maskapai maupun sekolah penerbangan yang ditetapkan sebagai bagian dari integr
Komentar
Posting Komentar